LOGO 80Th.jpg
INFORMASI PUBLIK
Saturday, 22 October 2016 10:21

Serah Terima Jabatan Administrator

Baso. Acara serah terima jabatan administrator/Eselon III di Pusdiklat Kemendagri Regional Bukittinggi yang telah dilaksanakan di Aula Proklamasi gedung utama Pusdiklat Regional Bukittinggi, Kamis (19/10/2016). Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Pusdiklat Kemendagri Regional Bukittinggi, Dr. Ir. H. Suroyo, M.Si, para pejabat Eselon III serta pejabat fungsional dan fungsional umum dan jajarannya.

Tuesday, 18 October 2016 23:01

Peserta Diklat

By

Peserta Diklat

Peserta Diklat Teknis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Angkatan I dan II ini adalah Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  atau Biro Tata Pemerintahan Provinsi dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota sewilayah Kerja Pusdiklat Kemendagri Regional Bukittinggi yang berjumlah 30 orang masing-masing angkatan.

Tuesday, 18 October 2016 22:57

Kurikulum

By

A.  Narasumber dan Fasilitator

Narasumber dan fasilitator pada Diklat Teknis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Angkatan I dan II ini, berasal dari Pusdiklat Kemendagri Regional Bukittinggi, Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia dan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

B.  Kurikulum

Kurikulum Diklat ini terdiri dari :

No

MATA DIKLAT

JP

1

Overview Kebikjakan Diklat

3

2

Building Learning Commitment;

3

3

Kebijakan Dukcapil

4

4

Inovasi dalam Pelayanan Pencatatan Sipil

8

5

Pendokumentasian Hasil Pencatatan Sipil

3

6

Inovasi dalam Penerbitan KK dan KTP-el;

6

7

Pendokumentasian Hasil Pendaftaran Penduduk

3

8

Inovasi dalam Pelayanan Pindah Datang Penduduk Dalam Wilayah NKRI dan Antar Negara;

6

9

Kebijakan Pelayanan Publik  Berdasarkan UU No 25/ 2009

6

10

Sikap Perilaku Aparatur dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan;

5

11

Penyusunan Action Plan Inovasi Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil

6

12

Ceramah Kebijakan ASN

3

13

Ceramah Revolusi Mental

3

Tuesday, 18 October 2016 22:55

Tujuan dan Sasaran

By

1.  Tujuan

 

Tujuan diselenggarakannya Diklat Teknis ini adalah untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan sikap perilaku aparatur pemerintah bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil .

 

2.  Sasaran

 

Sasaran yang hendak dicapai dengan diklat ini adalah terwujudnya peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia aparatur Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam memberikan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil yang profesional sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

3.  Kompetensi Dasar

Setelah mengikuti pembelajaran ini peserta diharapkan memiliki kompetensi sebagai berikut:

 

  • Memahami Kebijakan Administrasi Kependudukan;
  • Memahami Kebijakan Pelayanan Publik berdasarkan UU No.25/2009;
  • Menjelaskan Inovasi dalam Penerbitan KK dan KTP-el;
  • Menjelaskan Inovasi dalam Pelayanan Pindah Datang Penduduk Dalam Wilayah NKRI dan Antar Negara;
  • Menjelaskan Inovasi dalam Pelayanan Pencatatan Sipil;
  • Menerapkan Pendokumentasian Hasil Pencatatan Sipil dan Pendaftaran Penduduk;
  • Melakukan Digitalisasi Akta ke dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan
  • Menerapkan Sikap Perilaku Apartur dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan;
  • Menerapkan Revolusi Mental dalam Pelayanan Aministrasi Kependudukan.

 

Tuesday, 18 October 2016 22:46

Materi & Nara Sumber

By

NARASUMBER DAN FASILITATOR

Narasumber/fasilitator Diklat Teknis ini berasal dari Pusdiklat Kemendagri Regional Bukittinggi, Badan Diklat Provinsi Sumbar dan  Pakar/Praktisi dari Universitas Andalas Padang.

MATERI DIKLAT

Untuk mewujudkan sasaran tersebut di atas, disusun materi/mata diklat ini sebagai berikut :

 

NO

MATA DIKLAT

JP

1

Pengarahan program

3

2

BLC 

3

3

Ceramah Revolusi Mental

3

3

Kerangka Konseptual Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual

5

4

Akuntansi Pendapatan

5

5

Akuntansi Belanja dan Beban

5

6

Akuntansi Piutang, Akuntansi Persediaan dan Akuntansi Kewajiban

5

7

Akuntansi Aset Tetap dan Akuntansi Penyusutan

5

8

Akuntansi Aset Lainnya dan Akuntansi Koreksi kesalahan

5

9

Penyusunan Laporan Keuangan SKPD berbasis Akrual

10

 

Jumlah

49

 

 

Tuesday, 18 October 2016 22:42

Tujuan dan Sasaran

By

1.     Tujuan:

Setelah mengikuti diklat ini peserta diharapkan mampu menyusun laporan keuangan berbasis akrual di tingkat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2.     Sasaran:

Adapun sasaran yang hendak dicapai dari Diklat Teknis ini adalah peserta diharapkan mampu :

  • Memahami Kerangka Konseptual Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual;
  • Memahami Akuntansi Pendapatan, Akuntansi Belanja dan Beban;
  • Memahami Akuntansi Piutang, Akuntansi Persediaan dan Akuntansi Kewajiban;
  • Memahami Akuntansi Aset Tetap dan Akuntansi Penyusutan;
  • Memahami Akuntansi Aset Lainnya dan Akuntansi Koreksi kesalahan;
  • Menyusunan Laporan Keuangan SKPD berbasis Akrual.
Tuesday, 18 October 2016 17:26

Sarana dan Prasarana

By

Gedung Wahana Nusantara

  • Terdiri atas  4 (empat) ruang kelas
  • Kapasitas 40  orang/kelas
  • Total kapasitas kelas : 160 orang.
  • Dilengkapi dengan AC, LCD, sound system, dan hot spot

Interior Gedung Wahana Nusantara

Ruang SUMPAH PEMUDA
sebagai Ruang Belajar
Kapasitas: 40 Orang
Dilengkapi dengan AC, LCD, sound system, dan hot spot
Ruang KEBANGKITAN NASIONAL
sebagai Ruang Belajar
Kapasitas: 40 Orang
Dilengkapi dengan AC, LCD, sound system, dan hot spot

Perpustakaan Lancang Kuning

Koleksi : 7.251 buku dengan 1.877 judul .
Dilengkapi dengan hot spot, ruang baca, dan ruang diskusi.

Ruang Kesehatan

Labor Komputer

Dilengkapi dengan 30 unit komputer dan AC
 
 

 

Sunday, 25 September 2016 13:58

Gedung Kemerdekaan

By

narahubung

  • 001.jpg
  • 007.jpg
  • 008.jpg
  • 009.jpg
  • 010.jpg
  • 011.jpg

Pengunjung

890659
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Seluruh
1302
1452
3437
881039
23347
33004
890659

IP Anda: 216.73.216.129
(21-10-2025) (17:47)

Hubungi Kami.

PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA REGIONAL BUKITTINGGI.

Jl. Raya Bukittinggi - Payakumbuh KM.14, Tabek Panjang, Kec. Baso, Sumbar - 26192
Telp. 0752-28241/Fax. 0752-28240

 

 

 

 

Link terkait

 

Peta PPSDM